Beranda | Artikel
Ditiupnya Sangkakala Kedua
Senin, 20 September 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Ditiupnya Sangkakala Kedua merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 6 Safar 1443 H / 13 September 2021 M.

Kajian Tentang Ditiupnya Sangkakala Kedua

Yang dimaksud dengan بالبعث (hari berbangkit) yaitu bangkitnya jasad-jasad manusia dan dihidupkannya kembali para hamba di hari kiamat. Adapun النشور maknanya mirip dengan البعث.

Apabila Allah Subhanahu wa Ta’ala ingin menghidupkan kembali hamba-hambaNya yang sudah mati, maka Allah memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniupkan sangkakala (yang kedua). Ketika itu ruh manusia kembali ke jasad-jasad mereka. Maka manusia pun bangkit untuk menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَن شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali yang dikehendaki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kemudian ditiup sangkakala untuk yang kedua kalinya, dan manusia bangkit dan menunggu (persidangan/perintah). ” (QS. Az-Zumar[39]: 69)

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

إِن كَانَتْ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَّدَيْنَا مُحْضَرُونَ

Ketika dengan satu teriakan, maka semua mereka hadir di hadapan Kami.” (QS. Yasin[36]: 53)

Turun hujan

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits-hadits bahwasanya sebelum ditiupkannya sangkakala yang kedua ada turun air dari langit. Dari situlah maka tumbuhlah jasad-jasad manusia.

Bagaimana penjelasan tentang ditiupnya sangkakala? Mari download mp3 kajian yang sangat bermanfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50699-ditiupnya-sangkakala-kedua/